Monday, 14 January 2019

Perbedaan Dinamika dan kinematika Gerak

Kinematika dan Dinamika gerak. Tentunya teman-teman sudah sangat familiar dengan kedua istilah fisika tersebut. Keduanya sama-sama mempelajari tentang gerak benda (mekanika).

Sebelum pakgurufisika melanjutkan tulisannya, kalian sudah tau kan, bagaimana suatu benda bisa dikatakan bergerak?

Suatu benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan posisi/kedudukan dari posisi posisi awal. Jika kita membahas tentang materi gerak, tentunya kalian pasti ingat dengan istilah jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan, percepatan, GLB, GLBB, dan lain sebagainya.

Dalam postingan kali ini, Pakgurufisika akan membahas tentang Kinematika dan Dinamika Gerak, serta perbedaan di antara keduanya.


Kinematika adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak suatu benda tanpa mempedulikan penyebab terjadinya gerak tersebut. Sedangkan Dinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak suatu benda dengan memperhatikan faktor yang menyebabkan gerak tersebut.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan benda bergerak?

Suatu benda akan bergerak jika mendapatkan tarikan atau dorongan. Tarikan atau dorongan tersebut disebut Gaya. Komponen inilah yang menjadi pembeda suatu peristiwa gerak termasuk ke dalam kinematika gerak atau dinamika gerak.
Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan gambar bagan berikut!


Jadi, dalam kinematika yang dihitung atau dikaji berkaitan dengan posisi, kecepatan, percepatan benda, beserta turunannya dengan mengabaikan gaya atau penyebab geraknya.
Sedangkan dalam dinamika, yang dikaji adalah gerak benda tanpa mengabaikan gaya yang menyebabkannya, baik berupa gaya gravitasi, gaya dorong, gaya gesek, gaya hambat udara, dan lainnya.

Untuk mempermudahnya, coba perhatikan contoh soal berikut!

Contoh soal kinematika:

Sepeda milik Sulis dan sepeda milik Anwar mula-mula berjarak 1.200 m . Sepeda yang dinaiki Sulis bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Sedangkan sepeda yang dinaiki Anwar bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Kapan dan di mana Sulis dan Anwar bertemu jika mereka berdua bergerak saling berhadapan dan bergerak pada waktu yang sama 

Contoh soal Dinamika:

Balok A dan B yang berada di atas bidang datar li­cin dihubungkan dengan tali dan ditarik de­ngan gaya mendatar F sehingga mengalami percepatan tetap sebesar 2 m/s2 seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut. Jika massa balok A = 30 kg dan massa balok B = 10 kg, maka berapa besar gaya tegang tali T dan F?

Kesimpulan:

Dinamika dan Kinematika sama-sama mempelajari tentang gerak. Perbedaan keduannya terletak pada perlakuaan terhadap penyebab benda bergerak (gaya).
  • Dinamika gerak mempelajari gerak suatu benda dengan memperhatikan penyebabnya (gaya). Soal-soal yang terkait dengan dinamika akan ada komponen gayanya ( hukum Newton). 
  • Sedangkan kinematika mempelajari gerak benda dengan mengabaikan penyebab gerak. Faktor yang diabaikan dapat berupa gaya gesekan dengan lantai, gaya gravitasi, maupun besar gaya hambat udara.


Sekian, Semoga bermanfaat

This Is The Newest Post

1 comments so far


EmoticonEmoticon