Wednesday, 27 January 2016

Pembuatan Alat Peraga BRACHISTOCRONE

Selamat malam semuanya.

Sebelumnya, maaf jika beberapa hari ini tidak ada update postingan baru, hal tersebut dikarenakan kesibukan Pakgurufisika di dunia nyata. Harap maklum ya!

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Makalah Pembuatan Alat Peraga Fisika BRACHISTOCRONE. Tujuan dari makalah ini adalah untuk Membuat rangkaian sederhana Brachistocrone dan mengetahui Bentuk lintasan manakah yang paling cepat.
Coba kalian lihat gambar berikut!


Gambar di atas adalah Alat praktikum Brachistochrone yang merupakan hasil karya Ardika Agung P, Mahasiswa Pendidikan Fisika, Universitas Sebelas Maret. Secara sederhana, Alat peraga Brachistochrone di atas bertujuan untuk Mengetahui Lintasan berbentuk apa yang memiliki waktu tempuh paling cepat.

Lintasan Paling ujung adalah lintasan lurus, lintasan yang tengah adalah lintasan berbentuk seperempat lingkaran dan lintasan paling kanan adalah Lintasan berbentuk Sikloid.
Manakah yang kiranya merupakan lintasan yang memiliki waktu tempuh paling cepat, teman-teman?
Untuk Jawabannya, silakan kalian lihat pada kesimpulan makalah yang akan saya lampirkan pada akhir postingan ini.

Dalam pembuatan alat peraga fisika ini memiliki beberapa tahapan, yaitu:

1. Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ini meliputi menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat Brachistochrone. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
  • Obeng, tang dan palu, masing masing 1 buah. 
  • Gergaji (1 buah)
  • Mobil-mobilan (3 buah)
  • Papan kayu ( 3 buah)
  • Amplas (3 buah)
  • Plat besi (1 buah)
  • Kawat (1 buah)
  • kayu (secukupnya)
2. Tahap Pembuatan
Setelah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan maka tahap selanjutnya adalah membuat alat Brachistochrone tersebut. Langkah-langkah dalam membuat Brachistochrone ini adalah sebagai berikut:
  1. Potong plat besi dengan lebar 3cm sebagai dasar dari lintasan sebanyak 3 buah.
  2. Buat pola dinding lintasan pada plat besi untuk litasan a berupa garis lurus, litasan b berupa sikloid dan lintasan c berupa seperempat lingkaran masing-masing 2 dan tebal 1cm.
  3. Potong pola dinding lintasan pada plat besi dengan alat potong besi.
  4. Satukan dinding plat besi dengan dasar lintasan dengan cara dilas.
  5. Setelah lintasan terbentuk kita bentuk bagian atas dan dibagian bawah kita belokan secara horizontal yang digunankan sebagai tempat mobil-mobilan yang akan digunakan.
  6. Kita potong papan kayu dengan ukuran yang sudah ditentukan yang akan digunakan sebagai penyangga dari lintasan-lintasan diatas.
  7. Setelah papan penyangga sudah jadi satukan dengan lintasan dan paku supaya tidak bergeser-geser.
  8. Bentuk kawat sesuai kebutuhan yang berfungsi sebagai pembatas titik awal mobil-mobilan.
  9. Rangkailah alat yang digunakan untuk mendeteksi mobil yang paling cepat dengan menggunakan saklar dan ic 7486 (gerbang and).
  10. Kemudian satukan dengan rangkaian diatas menjadi alat seperti gambar di atas.
3. Tahap Pengujian
Setelah alat Brachistochrone sudah selesai dirangkai, maka tahap selanjutnya adalah pengujian. Alat perlu diuji kembali apakah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan teori atau tidak. Tahap pengujian yaitu dilakukan dengan membandingkan lama waktu dari ketiga bentuk lintasan yang telah dibuat. Jika pengujian alat ini telah sesuai dengan teori, maka alat sudah jadi. Sehingga dapat dilakukan pengambilan hasil.

Dalam Alat peraga ini, kita menggunakan mobil-mobilan yang kita luncurkan di ketiga lintasan diatas. Kemudian kita amati mobil di lintasan manakah yang membutuhkan waktu paling singkat. Untuk kelemahan Alat Peraga Brachistocrone ini adalah skala yang digunakan kurang besar, sehingga selisih waktu yang digunakan benda saat meluncur tidak begitu besar, sehingga sulit untuk diamati perbedaanya.

Jika ada yang berminat menjadikan judul ini sebagai Referensi dalam membuat Alat praktikum atau alat peraga dan lainnya, silakan mengunduh file PDF nya pada link yang sudah kami sediakan di bawah.
Jika ada yang mau mengecek isinya sebelum mengunduhnya, silahkan lihat pada tampilan di bawah ini!



Untuk mengunduh file makalah Alat peraga Brachistocrone, silakan download

Sekian, Semoga bermanfaat
Mau tanya Soal Fisika dan Matematika?
Silahkan klik pada tautan Tanya Soal Matematika dan Fisika


EmoticonEmoticon