Tuesday, 22 December 2015

Seminar Fisika "Radiasi Benda Hitam Ditinjau dari Termodinamika"

Ilmu Fisika adalah bagian dari ilmu alam yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ilmu Fisika bersifat dinamis, artinya selalu mengalami perubahan sejalan dengan tingkat perkembangan pemikiran dan pengetahuan manusia. Lahirnya ilmu Fisika dimulai sejak manusia mulai mengamati, mencermati, dan menganalisis serangkaian gejala alam beserta interaksinya yang dapat ditangkap melalui panca indera. Hasil pemikiran kemudian dituangkan dalam sebuah pernyataan atau apapun yang dapat dimengerti manusia sebagai sebuah prinsip, kaidah, atau hukum dalam memahami interaksi gejala alam.

Perkembangan lmu Fisika telah dimulai pada tahun 2400 SM dan telah mengalami perkembangan pesat hingga tahun 1900 dengan munculnya teori kuantum. Hal ini dikarenakan teori fisika klasik yang telah berkembang sejak tahun 1600 tidak mampu memecahkan permasalahan mengenai benda-benda berukuran mikro, interaksi materi dan energi, kapasitas panas zat padat dan lain lain. Masalah utama yang tidak terpecahkan oleh para fisikawan pada massa tersebut sampai tahun 1900 adalah masalah Radiasi benda hitam. Saat itu fisikawan tidak menemukan teori yang cocok untuk menjelaskan lengkung kurve Radiasi benda hitam jika menggunakan hukum-hukum dan kaedah-kaedah fisika klasik.

Gambar : Benda Hitam

Istilah Benda hitam ini, pertama kali diperkenalkan oleh fisikawan Belanda, yang bernama Gustav Robert Kirchhoff pada tahun 1862 berdasarkan kesetimbangan termodinamika yang menyatakan bahwa pada keseimbangan termal, tingkat emisi suatu benda atau permukaan setara dengan jumlah penyerapannya. Perkembangan mengenai Radiasi benda hitam terus berlangsung hingga pada tahun 1884, dimana Boltzman menurunkan hukum Stefan (1879) dari gabungan persamaan termodinamika dan dikenal dengan Hukum StefanBoltzman.

Termodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang dikaji dalam fisika. Termodinamika adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara energi dan kerja dari suatu sistem (Hamid, 2007:1). Termodinamika hanya mempelajari besaran-besaran yang berskala besar (makroskopis) dari sistem yang dapat diamati dan diukur dalam eksperimen. Termodinamika juga dapat diartikan sebagai ilmu yang menjelaskan kaitan antara besaran fisis tertentu yang menggambarkan sikap zat di bawah pengaruh kalor.

Kalor didefinisikan sebagai energi yang mengalir dari benda yang satu ke benda yang lain yang disebabkan oleh perbedaan suhu. Proses perpindahan energi pada termodinamika berdasarkan atas dua hukum, yaitu Hukum I Termodinamika yang merupakan pernyataan Hukum Kekekalan Energi, dan Hukum II Termodinamika yang memberikan batasan tentang arah perpindahan kalor yang dapat terjadi. Pembahasan termodinamika mengacu pada suatu sistem, Sistem adalah benda atau sekumpulan benda yang akan diteliti, sedangkan lingkungan adalah semua yang ada di sekitar benda.

Dalam Tulisan Pakgurufisika kali ini, saya akan kembali berbagi Makalah Seminar Fisika "Radiasi Benda Hitam ditinjau Dari Termodinamika". Pembahasan Lebih lengkap Tentang Radiasi Benda hitam yang meliputi penjelasan mengenai Radiasi panas, Sifat sifat Radiasi,Hukum Radiasi Benda hitam, Spektrum Radiasi Benda Hitam dan Tinjauan Termodinamika terhadap Radiasi Benda Hitam, bisa kalian lihat pada makalah yang saya lampirakan dibawah ini.

Untuk Tampilan Makalah Radiasi Benda Hitam bisa kalian lihat pada tampilan dibawah ini :



Untuk Makalah Seminar Fisika tersebut ( Format .PDF ) bisa kalian Unduh di link yang kami sediakan dibawah ini :

Via GoogleDrive atau Via Solidfiles

Sekian, Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon