Monday, 14 September 2015

TEORI FISIKA TENTANG HANTU

Ketika kalian berjalan sendirian di tempat yang sepi dan gelap, tiba-tiba kalian merasa ada bayangan yang melintas. Atau ketika kalian sedang sendirian di suatu ruangan/tempat, kemudian kalian merasakan ada sesuatu yang aneh yang membuat bulu kuduk kalian merinding

Pernahkah kalian mengalami kejadian di atas ? 

Banyak orang yang beranggapan hal tersebut disebabkan karena ada hantu/makhluk gaib di sekitar kita. Percayakah kalian dengan hal tersebut ?

Ilustrasi hantu pada kartun scooby doo

Mengenai keberadaan hantu atau makhluk gaib di sekitar kita, jika dipandang dari sisi agama, maka mereka benar-benar ada dan kita hidup berdampingan dengan mereka. Makhluk gaib adalah makhluk yang tidak bisa dilihat dengan indra penglihatan manusia, sering juga kita menyebutnya dengan hantu atau setan.

Makhluk halus yang baik kita menyebutnya sebagai jin. Sedangkan yang sering mengganggu manusia kita menyebutnya setan. Macam setan pun banyak, ada kuntilanak, pocong, sundel bolong, genderuwo, semua memiliki penampakan khusus yang berbeda dengan yang lainnya. 

Namun bagaimanakah pandangan sains, khususnya Fisika mengenai keberadaan makhluk gaib atau hantu??
Sampai sekarang sudah terdapat beberapa teori yang berusaha menjelaskan mengenai keberadaan makhluk halus, antara lain sebagai berikut:

1. Teori yang berkaitan dengan hukum kekekalan energi

Teori yang berkaitan dengan hukum kekekalan energi dicetuskan oleh ilmuwan fisika Albert Einstein. dia pernah membuktikan bahwa segala bentuk energi di alam semesta bersifat kekal/konstan. Artinya, energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, hanya dapat diubah bentuknya.
Setiap manusia yang masih hidup memiliki energi listrik. Hal tersebutlah yang membuat jantung kita tetap berdetak, otak tetap bekerja, dan kita masih bisa bernafas.
Lalu ketika manusia mati, bagaimanakah dengan energi listrik yang terdapat dalam diri manusia?

Menurut Einstein, energi tersebut kembali ke alam semesta. Energi elektromagnetis dari manusia mati inilah yang pada konsentrasi tertentu bisa terlihat dalam bentuk-bentuk tertentu dan kadang masih mengandung materi dan sifat-sifat asalnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan beberapa di antara kita ada yang pernah seolah-olah melihat sosok orang yang telah meninggal.

2. Teori yang berkenaan dengan Hukum Coulomb

Jika kalian pernah belajar fisika di SMP maupun SMA, tentunya kalian sudah cukup familiar dengan hukum Coulomb. Hukum Coulomb menyatakan jika muatan sejenis didekatkan akan tolak menolak, dan muatan berbeda jenis didekatkan akan saling tarik menarik.


Menurut teori tersebut, makhluk halus menyimpan energi elektromagnetis negatif (-) dan bumi juga mengandung muatan negatif (-). Berdasarkan penjelasan di atas, maka makhluk gaib/halus saling tolak menolak dengan bumi, sehingga makhluk halus tidak menapak bumi (melayang) karena gaya tersebut. 
Dan berdasarkan kesaksian beberapa orang yang pernah melihat penampakan makhluk halus secara langsung, beberapa di antaranya memang tak menapak bumi. 
Benarkah teori tersebut ?? 
Jika benar tentu hal ini tidak hanya akan menjadi sebatas teori 

3. Teori tentang gelombang suara infrasonik 

Teori ini diajukan oleh vic tandy, seorang pakar elektronika dan komputer dari universitas Coventry. Menurut tandy, penglihatan kita terhadap makhluk halus dipengaruhi oleh gelombang infrasonik. Gelombang infrasonik merupakan gelombang dengan frekuensi < 20 Hz yang tidak dapat ditangkap oleh telinga manusia. Namun jika gelombang dengan frekuensi rendah tersebut terjadi dengan intensitas yang cukup besar, maka manusia yang peka akan merasakannya. 

Selain itu, NASA juga pernah memperhitungan jika mata manusia bereaksi dengan gelombang berfrekuensi rendah. Pada frekuensi 18 Hz, bola mata manusia mulai bergetar dan memunculkan obyek asing. Obyek asing tersebutlah yang kita anggap sebagai makhluk halus. 


Dari ketiga teori di atas, tentu kalian bebas memilih mana teori yang paling masuk akal atau justru tidak percaya sama sekali dengan teori-teori tersebut.  Semua terserah padamu :P 

Ingat!!!
ketiga penjelasan diatas masih sebatas “TEORI” jadi masih belum terbukti kebenaran ilmiahnya. 

Namun jika kita melihat dari sudut pandang agama, maka kita wajib percaya, jika selain manusia, Allah juga menciptakan makhluk lain yaitu malaikat dan jin.
Jin ada yang baik (patuh terdadap Allah). Ada juga yang jahat (setan) yang sering menggangu manusia dan menggoda manusia agar melanggar perintah Allah dan lalai dengan kewajibannya. Kita tidak dapat melihat jin dengan mata normal karena memang Allah yang telah mengkehendakinya, Mereka bisa melihat kita, tapi kita tidak bisa melihat mereka 

Sekian pembahasan mengenai teori fisika tentang hantu dan makhluk gaib. Jika ada yang mau bertanya atau memiliki teori lainnya, silahkan tuliskan pada kolom komentar 

Semoga bermamfaat 

Referensi : 
Tipler. Fisika untuk teknik dan sains, jilid 1 
Sains.me 
Yohannes surya. Fisika itu mudah

1 comments so far

Bagus sekali penjelasannya. Izin copas ya Pak. Tentu dgn mnyrtkan alamatx


EmoticonEmoticon