Tuesday, 8 September 2015

Strategi Permainan Tarik tambang Menggunakan Fisika


Kalian Pernah bermain permainan diatas ??

Iya, nama permainan tersebut adalah Tarik tambang. Tarik tambang adalah permainan sederhana yang merupakan salah satu permainan yang digemari masyarakat Indonesia. Permainan tersebut akan sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita, apalagi saat memasuki bulan agustus ,dimana sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia maka disetiap daerah di Indonesia mulai dari kota hingga pelosok Desa akan mengadakan serangkaian kegiatan, termasuk lomba, dan lomba tarik tambang salah permainan yang dilombakan dari sekian banyak permainan lainnya.

Peraturan permainannya tersebut sangatlah sederhana, kelompok yang mampu menarik lawan melewati garis batas maka akan menjadi pemenangnya. Jumlah pemain setiap kelompoknya pun bebas, tidak ada batasan, yang penting jumlahnya sama (Imbang). Permainan tersebut dapat dimainkan oleh setiap orang mulai dari anak-anak hingga bapak-bapak, bahkan ibu-ibu,kakek dan nenek2 tidak disarankan bermain tarik tambang,hehe. yang penting ada tanah lapang yang kosong, ndak perlu terlalu luas, seukuran lapangan badminton atau voli sudah cukup dan Seutas tali tambang yang kuat, maka permainan tarik tambang dapat dilakukan.

Kalau kita mengamati permainan Tarik tambang dan mengakaitkannya dengan Ilmu Fisika, ternyata ada konsep Fisika didalam permainan tersebut, kira-kira konsep fisika apa saja yang terdapat dalam permaian tarik tambang ya ? 

Karena Permainan tarik tambang adalah permaian tarik-menarik maka Konsep yang erat Hubungannya dengannya adalah Hukum Newton tentang Gerak dan Gaya.
Dengan mengkombinasikan Konsep Fisika pada permainan Tarik tambang, maka kita akan dapat menggunakan strategi terbaik agar dapat memenangkan permainan tersebut.

Bagi kalian Siswa SMP SMA Maupun SMA tentu kalian sudah tak asing lagi dengan Hukum Newton. 

Hukum 1 Newton menyatakan bahwa benda akan selalu mempertahankan keadaan awalnya, Jika awalnya benda diam, maka benda akan terus diam kecuali diberikan pengaruh gaya dari luar. Demikian pula jika benda bergerak, maka benda akan terus bergerak kecuali diberikan gaya yang menyebabkannya berhenti. Jadi jumlah gaya yang bekerja sama dengan nol.Hukum 1 Newton juga dikenal dengan hukum kelembaman


Hukum II Newton menyatakan bahwa gerakan sebuah benda dipengaruhi oleh besarnya gaya yang diberikan pada benda itu dan massa benda itu sendiri. Semakin besar Gaya yang diberikan, semakin cepat pula geraknya (Percepatan benda). Semakin besar massa benda , maka semakin lambat geraknya.

Hukum III Newton menyatakan jika sebuah aksi diberikan kepada benda, maka benda tersebut akan balik melakukan reaksi yang besarnya sama namun arahnya Berbeda.




Dari ketiga konsep hukum Newton diatas maka kita dapat menyusun strategi sebaik mugkin, Antara lain sebagai berikut :

1. Saat Menarik Tali, Cari posisi tumpuan kaki sekuat mungkin dan tangan yang dominan berada didepan
Ketika Permainan tarik tambang dimulai ,maka setiap anggota Tim/kelompok menarik Tali tambang sekuat mungkin dengan tujuan menarik Tim Lawan agar melewati tali pembatas. Tarikan tersebut adalah Gaya. 

Ketika kita menarik tali maka sebagai reaksi tali akan menarik kita (Hukum III Newton), maka sebelum menarik tali, carilah posisi tumpuan kaki sekuat mungkin, agar kita tidak mudah goyah. Saat menarik tali, taruh tangan yang lebih dominan didepan agar tarikan yang dihasilkan lebih kuat

2. Saat menarik tali, Condongkan tubuh kerah Belakang

Mencondongkan tubuh kebelakang bertujuan untuk menjaga keseimbangan, jika tidak maka tarikan Tali dan tarikan yang dilakukan lawan dapat membuat kita terjungkal ke depan.Namun saat kedua tim melakukan strategi yang sama maka besarnya Gaya tarikan akan mempengaruhi hasil permainan.

3. Menggangu Keseimbangan Lawan

Untuk mengganggu keseimbangan lawan dapat dilakukan dengan menarik ulur tambang, mulanya tali tambang kita tarik dengan kuat, kemudian pada saat yang tepat kita ulur (lepaskan) talinya. Dengan cara tersebut maka keseimbangan lawan akan terganggu karena mereka harus memperbaiki tumpuannya. Saat mereka memperbaiki tumpuannya maka itulah kesempatan bagi kita, tarik dengan kuat tambangnya, maka kemenangan akan kalian dapatkan.

Hal tersebut sesuai dengan hukum 1 Newton, benda yang sedang bergerak lebih mudah membuatnya lebih bergerak, benda yang diam, akan lebih sulit membuatnya bergerak.

4. Semua anggota tim Posisinya Berbaris kebelakang sepannjang Tali

Posisi tersebut akan menghasilkan tarikan yang lebih efektif dibandingkan semua anggota Tim bergerombol pada satu titik. Jika semua pemain dalam kelompok berkumpul pada satu titik, maka hanya satu pemain yang memiliki kekuatan tarikan yang maksimal , yaitu pemain yang persis berada di titik pegangan yang searah dengan arah tambang tersebut. Sedangkan tarikan dari pemain lain akan membentuk sudut tertentu dari pegangan titik tersebut, yang mengakibatkan tariaknnya tidak maksimal.
Masih ingat dengan Materi Gerak dan Vektor kan ??

Ketika tarikan tersebut membentuk sudut dengan titik pegangan maka , maka gaya tarikan terbagi menjadi 2 komponen, satu sejajar dengan tambang, satunya lagi tegak lurus dengan tambang. Hanya komponen yang sejajarlah yang memberikan kontribusi pada kuatnya tarikan, komponen yang tegak lurus tidak memberikan kontribusi apapun

5. Posisikan Orang yang berbadan Besar/gendut diposisi paling depan dan paling belakang

Hal tersebut bertujuan agar mendapatkan tarikan yang kuat, yang perlu diingat orang yang saya maksud diatas tidak hanya memiliki massa yang besar (Gendut) namun juga harus memiliki tarikan yang kuat. Sesuai dengan hukum II Newton, benda yang memiliki massa yang besar memiliki kelembaman yang besar pula, jadi semakin besar massa seseorang (gendut) maka akan semakin sulit untuk ditarik.

Orang yang memiliki massa yang besar dan tarikannya kuat di posisikan paling dean bertujuan untuk mengecohkan keseimbangan lawan dengan tarikannya yang kuat dan menggerakannya kekanan dan kekiri. Sedangkan orang gendut yang posisinya paling belakang, bertujuan agar tim tidak mudah kehilangan keseimbangannya.Untuk orang yang berbadan kurus dan pendek, hindari posisi paling depan dan belakang

Bagaimana ?? 
Silahkan di praktekan jika nanti ada lomba tarik tambang ditempat kalian 
Semoga Strategi diatas dapat bermanfaat bagi kalian untuk membantu kalian meraih kemenangan :D 
Sekian , semoga bermanfaat 

Fisika itu indah kawan 

Referensi :
Fisika Itu mudah Edisi ketiga , Yohannes Surya
Serway, Raymond A.dan John W. Jewett. (2010). Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1 (6th Edition).Terj.Chriswan Sungkono.Jakarta:Salemba Teknika.

3 comments


EmoticonEmoticon