Friday, 25 September 2015

Mengapa Suara saat Malam hari Terdengar Lebih jelas daripada saat Siang hari ?


Diantara kalian, apakah ada yang rumahnya agak jauh dari jalan raya/stasiun ??

Jika ada, Pernahkan kalian merasakan jika pada malam hari suara kendaraan yang lalu lalang dijalan raya atau kereta api terdengar oleh telinga kalian, padahal pada siang hari kita tidak dapat mendengarnya ??

atau jika kalian tinggal di desa, suara adzan isya dari masjid yang jaraknya lumayan jauh dari rumahmu akan terdengar dengan lebih jelas daripada adzan Dhuhur maupun Ashar.

Iya kan ??

Kok bisa ya suara-suara tersebut terdengar lebih jelas pada malam hari, Kira-kira apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi ?

Salah satu penyebab Fenomena tersebut terjadi dikarenakan umumya saat malam hari suasana lebih tenang daripada siang hari. Pada siang hari banyak suara yang dihasilkan disekitar kita karena memang pada waktu tersebut manusia sedang sibuk-sibuknya beraktivitas. Suara kendaraan, suara manusia, suara alat elektronik dan suara-suara lain yang ada didekat kita akan membuat telinga kita mengabaikan suara-suara yang sumbernya jauh.

Hmmm,,,begitu ya, Benar juga kok, ada yang tahu alasan lainnya ??

Fenomena Suara pada malam hari terdengar lebih jelas daripada siang hari ternyata Ilmu Fisika dapat menjelaskannya lho,

Wihhh,,,keren, memang apa sih yang menyebabkan Fenomena tersebut ?

Suara adalah nama lain dari Bunyi, dalam ilmu Fisika Bunyi adalah salah satu contoh jenis Gelombang Longitudinal. Gelombang Longitudinal adalah Gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah Getarnya dan dalam Perambatannya, jenis gelombang ini memerlukan Medium untuk merambat, yaitu Udara.

Masih ingatkan dengan materi Gelombang diatas, jika lupa , ayo baca Buku IPA / Fisikanya lagi, 

Karena Suara/atau bunyi merupakan gelombang, maka bunyi juga dapat mengalami Pemantulan (Refleksi), Pembiasan (Refraksi), Dipadukan (Interferensi), Pelenturan (Defraksi) dan Polarisasi. Nah, hal yang menyebabkan Fenomena diatas erat kaitannya dengan salah satu sifat Gelombang diatas, yaitu Pembiasan ( Refraksi).

Kalian sudah tahukan , jika Gelombang bunyi/suara akan merambat lebih cepat di medium (udara) yang suhunya panas, dan akan melambat jika merambat melalui udara yang dingin. Nah saat Bunyi/suara merambat dari udara panas menuju udara dingin dan sebaliknya maka Gelombang suara/bunyi tersebut akan mengalami Pembiasan.

Pada saat siang hari, suhu udara diatmosfer bumi lebih panas daripada suhu udara dipermukaan bumi. Akibatnya gelombang suara yang menuju kearah bumi akan dibiaskan menuju Arah Atmosfer bumi (Menjauh dari telinga kita).

Namun sebaliknya, pada Malam hari suhu udara diatmosfer bumi lebih dingin daripada suhu udara dipermukaan bumi, hal tersebut menyebabkan gelombang suara/bunyi yang mengarah ke atmosfer akan dibiaskan menuju pemukaan bumi ( Mendekati telinga kita), maka suara yang didengar oleh telinga kitapun akan terdengar lebih jelas jika dibandingkan dengan suara yang kita dengar saat siang hari.


Semoga penjelasan kami diatas , dapat menjawab permasalahan diatas
Jika ada pertanyaan/ masukan, silahkan tulis dikolom komentar.

Sekian , semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon