Saturday, 26 September 2015

Eksperimen Fisika "Pembuatan Alat Peraga Hubungan Roda-Roda (GMB)"

Alat peraga termasuk dalam media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar dalam pembelajaran. Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harafiah berarti perantara atau pengantar. 

Association for Education and Communication Technology (AECT) mengartikan media sebagai segala bentuk yang digunakan untuk proses penyaluran informasi. Sedangkan National Education Association (NEA) mengartikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut. 

Menurut Arsyad, "Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Sedangkan, pengertian alat peraga adalah alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar agar proses belajar siswa lebih efektif dan efisien" (Nana Sudjana, 2000:110).

Dikesempatan kali ini Pakgurufisika akan berbagi Panduan Pembuatan Alat Peraga Fisika Hubungan Roda-Roda pada Materi Gerak Melingkar Beraturan (GMB). 
Masih ingatkan dengan Materi GMB ??

Gerak Melingkar adalah Gerak yang lintasannya berupa Lingkaran. contohnya ada banyak , antara lain Gerak kipas angin, Gerak compact disk, komedi putar, gerak kincir angin dan lain-lain. Disebut Gerak melingkar Beraturan apabila Kecepatan/lajunya konstan. pembahasan Tentang Persamaan / rumus-rumus yang digunakan dalam gerak melingkar beraturan ( Kecepatan sudut, Percepatan Sentripental dll), silahkan dibaca di postingan ini .

nah, dalam postingan ini saya akan sedikit mengulas materi Hubungan Roda-roda pada Gerak Melingkar.

Gambar. Alat Peraga Hubungan Roda-roda

Gerak melingkar dapat dipindahkan dari sebuah benda berbentuk lingkaran ke benda lain yang juga berbentuk lingkaran, misalnya antara gir dengan roda pada sepeda, gir pada mesin-mesin kendaraan bermotor, dan sebagainya. Hubungan roda-roda pada gerak melingkar dapat berupa sistem langsung yaitu dengan memakai roda-roda gigi atau roda-roda gesek, atau sistem tak langsung, yaitu dengan memakai streng/rantai/pita (Sumarsono, 2009: 65).



Gambar.Hubungan roda-roda, (a) Sistem Langsung, dan (b) Sistem Tak Langsung.

Pada Gambar diatas menunjukkan roda I berputar atau bergerak melingkar beraturan hingga roda II mengikutinya bergerak melingkar beraturan. Hubungan roda-roda pada gerak melingkar, baik memakai sistem langsung atau tak langsung, kecepatan linier (v) roda tersebut baik roda I dan II adalah sama, tetapi kecepatan sudutnya (ω) berlainan. Dengan demikian dapat dirumuskan sebagai berikut:
dengan
v1 = laju linier roda I (m/s), 
v2 = laju linier roda II (m/s),
ω1= kecepatan sudut roda I (rad/s), 
ω2= kecepatan sudut roda II (rad/s), 
RI = jari-jari lintasan roda I (m), dan
R2 = jari-jari lintasan roda II (m) (Sumarsono, 2009: 65).
Selain kedua perpindahan gerak melingkar di atas ada perpindahan gerak melingkar lain yaitu perpindahan gerak satu poros.
Gambar. Perpindahan Gerak Satu Poros

Kedua roda memiliki periode (T) dan frekuensi (f) sama, yaitu T1 = T2 dan f1 = f2. Dengan demikian, kedua roda mempunyai kecepatan anguler sama, yaitu ω1 = ω2. Dari rumus itu tampak bahwa laju liniernya berbanding lurus dengan jari-jarinya (Widodo, 2009: 50).

Dalam pembuatan Alat Peraga ini, Memerlukan Beberapa Alat dan bahan, Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan ??
bagaimana Langkah-langkah Pembuatan Alat tersebut ??
Bagaimana Prossedur Menggunakan Alat tersebut , dan bagaimana Teknik analisis datanya ??

Jawaban Pertanyaan-pertanyaan diatas bisa kalian temukan dalam Makalah Pembuatan Alat Peraga Hubungan Roda-Roda (GMB) yang disusun oleh Dwi Eta D , Mahasiswa FKIP UNS. 

Kalian dapat Mengunduh/mendownload File Makalah Tersebut (PDF) pada Link Download yang kami Sediakan Dibawah ( Akhir Postingan Ini ) .
Untuk Melihat Tampilan makalahnya , silahkan Lihat pada Review makalah dibawah ini



dan kalian Dapat mengunduh File Makalahnya Disini

Sekian, Semoga Bermanfaat

1 comments so far

mas sul, thankyuuu, ada ide di jam kritis :D


EmoticonEmoticon